Selasa, 05 Maret 2013

SILABUS dan RPP



Dalam proses Pembelajaran seorang guru dituntut untuk menyiapkan perencanaan tentang apa saja yang akan dilakukan pada proses belajar nantinya, dan ada beberapa komponen penting yang harus disiapkan, seperti Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)..contoh RPP lihat disini.
A.       Silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran yang disusun untuk setiap mata pelajaran dan  juga merupakan acuan dalam menyusun RPP. Sialbus memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, alokasi waktu,  sumber belajar, dan penilaian. Silabus merupakan Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi materi-materi pokok pembelajaran.


B.        RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dikatakan merupakan perencanaan jangka pendek karena RPP disusun untuk Satu Kompetensi Dasar. RRP disusun untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran karena didalamnya telah tersusun secara terorganisasi tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam setiap proses pembelajaran, sehinggan guru dapat memproyeksikan apa yang akan dilakukan. Berikut komponen-komponen dalam RPP:  
1.      Identitas Mata Pelajaran.
Meliputi: Satuan pendidikan, kelas, semester, dan mata pelajaran.
2.      Standar Kompetensi.
Merupakan Tingkatan kecakapan minimal peserta didik, dan diharapkan dapat dicapai siswa pada setiap pertemuan.
3.      Kompetensi Dasar.
Merupakan pengembangan materi dari Standar Kompetensi dan menjadi rujukan dalam penyusunan indikator.
4.      Indikator.
Merupakah tolak ukur ketercapaian Kompetensi Dasar .
5.      Alokasi Waktu.
Berisi penetapan atas waktu yang diperlukan untuk menyampaikan setiap satu Kompettensi Dasar.
6.      Tujuan Pembelajaran.
Hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa pada akhir proses pembelajaran.
7.      Materi Pelajaran.
Berisi pokok-pokok penting yang sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran.
8.      Metode Belajar.
Merupakan caa yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi, disini lah kreativitas guru sanant diperlukan, agar materi yang diajarkan dapat dengan mudah dipahami siswa.
9.      Kegiatan Pembelajaran.
a.      Pendahuluan.
b.      Inti
c.       Penutup.
10.  Penilaian
Melalui pemberian soal yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
11.  Sumber Belajar.
Sumber belajar dapat menggunakan banyak media seperti buku, internet, sesuai dengan kebutuhan akan materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar