Dalam proses Pembelajaran seorang guru
dituntut untuk menyiapkan perencanaan tentang apa saja yang akan dilakukan pada
proses belajar nantinya, dan ada beberapa komponen penting yang harus
disiapkan, seperti Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)..contoh RPP lihat disini.
A.
Silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran yang
disusun untuk setiap mata pelajaran dan juga merupakan acuan dalam menyusun RPP.
Sialbus memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, alokasi
waktu, sumber belajar, dan penilaian.
Silabus merupakan Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi materi-materi
pokok pembelajaran.
B.
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dikatakan merupakan perencanaan jangka
pendek karena RPP disusun untuk Satu Kompetensi Dasar. RRP disusun untuk
memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran
karena didalamnya telah tersusun secara terorganisasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan dalam setiap proses pembelajaran, sehinggan guru dapat
memproyeksikan apa yang akan dilakukan. Berikut komponen-komponen dalam RPP:
1.
Identitas Mata Pelajaran.
Meliputi:
Satuan pendidikan, kelas, semester, dan mata pelajaran.
2.
Standar Kompetensi.
Merupakan
Tingkatan kecakapan minimal peserta didik, dan diharapkan dapat dicapai siswa
pada setiap pertemuan.
3.
Kompetensi Dasar.
Merupakan
pengembangan materi dari Standar Kompetensi dan menjadi rujukan dalam
penyusunan indikator.
4.
Indikator.
Merupakah
tolak ukur ketercapaian Kompetensi Dasar .
5.
Alokasi Waktu.
Berisi
penetapan atas waktu yang diperlukan untuk menyampaikan setiap satu Kompettensi
Dasar.
6.
Tujuan Pembelajaran.
Hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh setiap siswa pada akhir proses
pembelajaran.
7.
Materi Pelajaran.
Berisi
pokok-pokok penting yang sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran.
8.
Metode Belajar.
Merupakan
caa yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi, disini lah kreativitas
guru sanant diperlukan, agar materi yang diajarkan dapat dengan mudah dipahami
siswa.
9.
Kegiatan Pembelajaran.
a.
Pendahuluan.
b.
Inti
c.
Penutup.
10. Penilaian
Melalui
pemberian soal yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
11. Sumber Belajar.
Sumber
belajar dapat menggunakan banyak media seperti buku, internet, sesuai dengan
kebutuhan akan materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar