Selasa, 05 Maret 2013

KTSP

1.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.



adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing  satuan pendidikan, dengan tujuan Kurikulum yang akan diterapkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan yang ada termasuk kondisi ala atau lingkungan serta potensi peserta didik. KTSP secara sah telah disebutkan dalam UU Nomor 20 Th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP Republik Indonesia Nomor 19 Th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

untuk Struktur Pendidikan Umum lihat disini.


2.        Prinsip Pengembangan Kurikulum.
Kurikulum pada Sekolah Dasar dan Menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah (disesuaikan dengan keadaan dan lingkungan sekolah), dalam pengembangannya standar kompetensi lulusan, standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP berperan sebagai pedoman. Berikut merupakan prinsip pengembangan kurikulum :
1.             Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan    lingkungannya.
Kurikulum dikembangkan dengan tujuan dalam membantu siswa mengembangkan potensi yang dimiliki agar menjadi manusia yang berkualitas, dan untuk membantu hal tersebut, pengembangan kurikulum disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
2.      Beragam dan Terpadu.
Seperti Pengertiannya, KTSP dikembangkan oleh setiap komite sekolah, hal ini karena kurikulum ini memperhatikan keragaman karakteristik siswa, keadaan daerah, jenjang dan jenis pendidikan yang ada.
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan Seni.
Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni merupakan komponen pendidikan yang trus berkembang oleh karena itu pengembangan kurikulum disesuaikan dengan hal tersebut, dengan tujuan mendoromh siswa agar memanfaatkan perkembangan IPTEK dan seni secara benar.
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
Pengembangan kurikulum bertujuan membantu siswa agar memiliki kecakapan yang sesuai dengan tuntutan yang sedang berkembang, baik potonsi dalam hal berpikir maupun potensi yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan.
Substansi kurikulum mencakup seluruh dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan pada setiap jenis pendidikan.
6.      Belajar sepanjang hayat.
Kurikulum dirancang dalam menunjang proses pembelajaran peserta didik sepanjang hayatnya.
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Kepentingan nasional dan kepentingan daerah mempunyai posisi yang sama penting, oleh karena itu keduanya harus diberikan perlakuan yang sama, dan kurikulum ini dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

3.        Prinsip Pelaksanaan Kurikulum.
1.      kurikulum  dilaksanakan berdasarkan potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik.
2.      Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan lima pilar belajar.
3.      Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan berupa  perbaikan, pengayaan, dan  percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik.
4.      Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan bertanggung jawab.
5.      Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, hal ini menuntuk pendidik untuk bersikap kreatif dalam menyampaikan materi belajar.
6.      Kurikulum dilaksanakan dengan memanfaatkan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
7.        Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar