Senin, 17 Juni 2013

Web Lesson

LINGKARAN
Kelas /Semester           : VII /Semester 2
Standar Kompetensi    : 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar       : 4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
 4.2 Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran.
Indikator                      : 1. Mengenali sifat atau unsur lingkaran.
 2. Menghitung keliling dan Luas Lingkaran.

Dalam  kehidupan sehari-hari banyak sekali benda-benda yang memiliki permukaan yang berbentuk bangun datar, mulai dari benda dengan permukaan segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, lingkaran, dll.
Sebelum memasuki materi perhatikan gambar berikut ini :


Atau pernahkah kamu memperhatikan piring yang berada di rumah mu? Tahukah kamu bahwa semua benda-benda tersebut memiliki bentuk permukaan yang sama? Apakah bentuk permukaan yang dimaksud; Segitiga, persegi, trapesium, jajar genjang, lingkaran, atau bentuk lainnya?

Salah satu bentuk bangun datar yang disebutkan adalah Lingkaran, apakah kamu sudah mengetahui apa itu lingkaran? Apakah saja bagian-bagian lingkaran?. Baiklah, Materi berikut ini akan membantu kita untuk lebih memahami tentang bangun datar yang satu ini,,,,

Definisi Lingkaran.

Lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang datar yang membentuk lengkung tertutup dimana semua titik pada lengkung tersebut memiliki jarak yang sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu pada bidang itu disebut dengan titik pusat lingkaran, sedangkan jarak yang sama dari satu titik ke titik yang lain disebut dengan jari-jari lingkaran. Lingkaran merupakan contoh dari kurva tertutup sederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Bagian-bagian Lingkaran.
Apakah kamu sudah mengetahui apa saja bagian-bagian pada Lingkaran? Baiklah, video berikut ini akan membantu kita dalam mengetahui dan mengingat semua bagian-bagian Lingkaran:

 


Seperti yang disebutkan didalam video diatas, Lingkaran memiliki tujuh bagian, meliputi.
1.    Titik Pusat Lingkaran.

Titik Pusat merupakan titik tengah Lingkaran, dimana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran adalah tetap.







Perhatikan gambar berikut,,,,



Kita pasti pernah melihat kaset DVD, pernahkah kamu perhatikan bahwa sebuah kaset DVD memiliki sebuah lubang yang berada ditengah-tengah kaset dan jarak dari tepi kaset ke lubang jika diukur dari sisi manapun akan memiliki jarak yang sama, atau pernahkah kamu memperhatikan permukaan jeruk yang dibelah menjadi dua bagian dan tampak bahwa serat jeruk selalu menumpuk dibagian pusat jeruk. Fenomena seperti ini merupakan contoh yang konkret untuk menggambarkan titik pusat sebuah Lingkaran.

2. Diameter.
Diameter merupakan garis tengah lingkaran yang melalui titik pusat dan menghubungkan dua titik pada lingkaran.







Contoh Diameter : Jika jarum pendek menunjuk kearah tepat di titik angka empat, maka gabungan kedua jarum tersebut adalah diameter jam dinding tersebut .







 3. Jari -jari.
Jari-jari merupakan garis lurus didalam Lingkaran yang menghubungkan titik pusat dengan titik manapun pada Lingkaran.  Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada jari-jari pada roda sepeda berikut ini :

Bayangkan jika bagian ban yang berwarna hitam adalah Lingkaran dengan titik-titik yang banyak sekali, dan bagian tengah roda tersebut merupakan titik pusat, maka jelaslah semua besi yang menghubungkan keduanya merupakan jari-jari yang tentunya memiliki jarak yang sama

4.  Tali Busur 
Tali Busur adalah garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran, sehingga diameter juga merpakan tali busur, tali busur juga membagi keliling lingkaran menjadi busur-busur. 







5.  Busur 
Busur merupakan Lengkungan yang berimpit dengan lingkaran, tali busur membagi keliling lingkaran menjadi busur kecil dan busur besar.

6. Tembereng 
Tembereng merupakan  daerah lingkaran yang dibatasi oleh sebuah tali busur dan busur pada tali tersebut. Bagian lngkaran yang diarsir merupakan tembereng.  


    

7. Juring

Juring merupakan daerah lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan satu busur. salah satu contoh nyata dari juring adalah potongan kue.



 


Keliling dan Luas Lingkaran. 
Keliling Lingkaran merupakan ukuran panjang dari permukaan Lingkaran sedangkan Luas Lingkaran merupakan Daerah yang menutupi seluruh permukaan Lingkaran. Video berikut ini  merupakan penjelasan mengenai keliling Lingkaran,,,kemudian video yang kedua merupakan cara untuk mencari rumus Luas Lingkaran:





untuk pemahaman Lebih lanjut, klik disini untuk melihat power point materi Lingkaran.

1 komentar: