Senin, 29 April 2013

Ada Apa Di 2013????



KURIKULUM 2013

Seperti yang diberitakan akhir-akhir ini bahwa pada bulan Juli ini akan mulai diterapkanya Kurikulum baru sebagai pengganti kurikulum sebelumnya yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), kurikulum 2013 ini memiliki beberapa perbedaan yang sangat signifikan dari segi main point jika dibandingkan dengan KTSP, dn juga terdapat istilah baru yaitu TEMATIK INTEGRATIF,,, bisakah anda bayangkan sistem pembelajaran yang bagaimana yang aakan diterapkan???? Untuk daftar tema dan alokasi waktu lihat disini

Untuk yang pertama, jika pada KTSP main point ( pusatnya) terletak pada hasil dari proses pembelajaran namun proses selama mendapatkan hasil tersebut tidak lah menjadi pusat perhatian, namun pada kurikulum 2013 akan dilaksanakan sistem yang diperkirankan akan lebih baik yaitu lebih menitikberatkan pada standar prosesnya.
Bagaimana Dengan “Tematik Integratif????”””
Dalam pembelajaran tematik integratif ini materi ajar yang akan disampaikan memiliki tema yangmudah ditemui oleh rata-rata siwa, artinya siswa diajak langsung untuk membayangkan materi apa yang akar dipelajari yang tentunya berdasarkan tema real yang banyak dijumpai oleh siswa. Dalam proses pembelajaran ini sifat Kreatif dan Inovatif seorang Guru sangat dibutuhkan, karena sifat kreatif inilah yang membantu peran guru dalam menentukan dan menemukan tema mana yang sesuai dan efektif dalam penyampaian materi.
Metode tematik integratif ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Dan juga, sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan dengan materi. Fungsi tema yang disajikan dapat dikatakan sebagai pencerminan dari penerapan materi yang diberikan dan juga berfungsi dalam memancing pengetahuan siswa yang sudah ada serta mengeksplorasikan kemampuan nya menjadi lebih baik. Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan kehidupan manusia hal ini dimaksudkan agar siswa dapat mudah membayangkan bagaimana sebuah peristiwa atau benda itu terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar